25 Nopember adalah Hari Guru



Kamis, 28 Juli 2016

Guru Pembelajar

Akhir-akhir ini kita yang berprofesi sebagai guru sering mendengar istilah GURU PEMBELAJAR. Sepertinya isitilah guru pembelajar tersebut baru atau tidak pernah ada sebelumnya,padahal tidak demikian karena setiap guru itu sejatinya pembelajar. Namun guru pembelajar disini maksudnya adalah guru yang selalu berusaha meningkatkan kompetensinya baik secara mandiri maupun lewat diklat, bintek, KKG/MGMP dan kegiatan kolektif guru lainya.
Jumlah guru se Indonesia yang ikut UKG 2015 berdasarkan data dirjen GTK adalah 2.699.516 orang. Pemerintah tidak akan mampu untuk mendiklat semua guru yang ada dengan cara dipanggil diklat mode tatap muka karena terbatasnya biaya. sebagai solusinya pemerintah akan melaksanakan diklat dengan moda daring atau secara online.
berdasar hasil UKG tahun 2015 menunjukan nilai rata-rata nasional yang dicapai adalah 56,69, meningkat dibandingkan nilai rata-rata nasional dari tahun-tahun sebelumnya yatu 47 dan sudah melampaui target capaian nilai rata-rata nasional tahun 2015 yang ditetapkan dalam rencana strategis kemdikbud yaitu sebesar 55. Walaupun demikian, pemerintah melalui dirjen GTK Kemdikbud akan menaikan target capaian nilai UKG untuk tahun 2016 menjadi 65.

Selain 10 modul ada juga juknis Guru Pembelajaran Moda Tatap Muka dan Moda Daring.
1. Juknis Guru Pembelajar Moda Tatap Muka
2. Juknis Guru Pembelajar Moda Daring.
3. Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
4. Pedekatan Andragogi dalam Guru Pembelajar
5.

Tidak ada komentar: