25 Nopember adalah Hari Guru



Kamis, 05 November 2015

Mutasi Kendaraan Bermotor

Postingan kali ini saya beri judul "Mutasi dan Balik Nama Kendaraan".Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis urus mutasi dan balik nama kendaraan dalam satu wilayah POLDA Kalimantan Selatan yaitu dari Banjarmasin ke Kabupaten Tanah Bumbu.
Awalnya tidak berniat memutasi, karena alasan klasik yaitu biayanya mahal dan waktunya lama. Namun ketika bertanya kepada petugas Sistem administrasi Satu Atap (samsat) Banjarmasin mengenai berapa pajak kendaraan yang harus dibayar ternyata bayarnya hampir 5 juta karena kendaraanku sudah yang ke-5. Mendengan 5 Juta akhirnya aku tertantang untuk melakukan mutasi, karena bagiku 5 juta itu sangat besar.

Hari pertama
Datang ke Kantor Samsat di KM 5 Banjarmasin  kemudian ke bagian informasi aku tanya "kalau mau mutasi dimana tempatnya?", dia menunjukan tempatnya dan akupun kesana, karena salah masuk akhirnya aku keluar dulu lalu ikut antri bersama dengan yang lainya. Namun ternyata loket sudah ditutup, karena waktu sudah menunjukan jam 11.55 di jam saya. Oleh teman yang lain disarankan aku cek fisik dulu dan akupun mengikuti sarannya. Aku datang ketempat cek fisik, bersyukur petugas disana tidak istirahat lalu aku tunjukan berkasnya dan setelah itu aku disuruh mendekatkan kendaraan untuk dicek. Seorang petugas membawa beberapa carik kertas lalu ditempelkan di Nomor Rangka dan Nomor Mesin kemudian setelah selesai diserahkan padaku lantas aku bawa ke tempat semula. Berikutnya berkasku dimasukan ke map oleh petugas cek fisik yang mereka beri cuma-cuma. Berikutnya aku kembali ke loket Mutasi namun karena waktu istrahat masih panjang akhirnya aku tunggu hingga akhirnya jam 14.00 loket buka kembali. Aku serahkan berkasku dan tidak lama kemudian berkasku dikembalikan dengan disretai daftar berkas-berkas lain yang harus dipenuhi terlebih dahulu yaitu : 1) Fotocopy STNK lima lembar, Fotocopy BPKB lima lembar, Fotocopy KTP Tujuan lima lembar; 2) Chek Fisik Ranmor; 3) Pengambilan Kartu Induk di Kator PJR Banjarbaru (Gudang Kantor Indunk di Samping Lantai 2) Jl A Yani K 35. 4) Pengambilan berkas faktur STNK di Loket Arsif R4/R2 Lanta 2 Samsat. 5) Pengurusan Fiskal di Lantai 2 Pojok Kiri Samsat; 6) Kwitansi Asli pembelian. Setelah kupikir-pikir ternyata yang bisa diselesaikan hari ini sementara jam sudah jam 13.30 hanya Pengurusan fiskal dan pengambilan berkas STNK. Sedangkan pengambilan kartu induk tidak mungkin dilakukan. Pengurusan fiskal tidak dipungut biaya namun pengambilan berkas STNK membayar Rp 50.000,00. Urusan hari ini selesai dan kita tunggu hari berikutnya.

Hari Kedua
Sebelum jam 09.00 aku sudah sampai di Kantor PJR Banjarbaru, namun karena bukanya pukul 09.00 maka tak ada satu petugaspun disana dan ruang kartu induk masih dikunci rapat. Satu-satunya cara ya menunggu. Jam 08.45 sduah banyak orang yang antri dengan tujuan yang sama. dan jam 09.00 tepat petugaspun datang. Karena aku pertama datang akhirnya aku serahkan berkasku yaitu Fotocopy BPKB dan STNK. Setelah menunggu 15 menit berkas Nomor Indukpun sudah diserahkan dan aku membayar Rp 20.000,00. Selanjutnya aku langsung meluncur  Samsat Banjarmasin. Setibanya di sana aku serahkan berkasnya dan 5 menit kemudian aku disuruh tanda tangan kemudian bayar Rp 75.000,00. selanjutnya aku diberi tanda terima dan diberi pengganti STNK karena STNK asli dan BPKB asli harus ditinggal dan semua urusan akan selesai paling lambat 15 hari, dar info sementara jika sudah selesai akan ada pembertitahuan via sms. Karena menunggu cukup lama akhirnya aku pulang. dan selesailah urusan di hari ke-2.
Hari Ketiga
Satu minggu setelah tanggal penyerahan berkas, aku dapat sms bahwa berkas mutasi sudah bisa diambil di loket Mutasi. Dua hari setelah pemberitahuan tersebut akpun kembali meluncur ke Banjarmasin dan tiba di tujuan jam 08.30. Karena pelayanan dibuka jam 09.00 maka kembali aku menunggu hingga waktunya tiba. Jam 09,00 loket mutasi buka dan aku serahkan tanda terima penyerahan berkas. lima menit kemudian berkas sudah jadi dan aku diserahi buku tanda terima setelah itu aku disarankan untuk datang ke POLDA bagian BPKB namun sebelumnya aku disuruh ke bagian Fiskal untuk mengambil berkas. Aku naik ke Lantai II untuk mengambil fiskal dan tidak seberapa lama akupun diserahi selembar kertas kemudian aku disuruh tanda tangan terima berkas. selanjutnya aku menuju ke POLDA bagian BPKB. Berbeda di tempat lain petugas loket BPKB di POLDA orangnya ramah. aku disuruh mengisi formulir kemudian aku dapat nomor antrian dan untuk selanjutnya aku disuruh ke lantai II untuk menyerahkan berkas di loket 3. Sesampainya di loket 3 aku serahkan berkas kemudian aku diberi selembar kertas untuk membayar di Bank. Semula kukira Banknya jauh ternyata Bank Nya ada di lantai itu juga. Aku menuju Bank dan mengisi berkas kemudian aku membayar Rp 100.000,00. kemudian aku kembali ke Loket 3. Sesampainya disana aku diserhi secarik kertas yang bunyinya pengambilan berkas satu minggu dari sekarang jam 14.00. Akhirnya akupun pulang kembali kerumah.
Hari Keempat
Satu minggu kemudian tepat jam 14.00 aku sudah berada di Loket III POLDA untuk mengambil berkas, namun karena petugas belum datang akupun menunggu hingga 10 menit lamanya. Jam 14.15 loket baru buka dan aku serahkan lembaran kertas tadi. 10 menit menunggu berkas diserahkan namun BPKB belum jadi dan akan jadi 6 bulan kemudian, dan untuk mengambilnya kembali aku diserahi selembar kertas.
Hari kelima
Hari senin aku berangkat ke Samsat Batulicin untuk menyerahkan berkas dari POLDA.
Sesampainya disana aku serahkan berkasku ke bagian STNK dan oleh petugas disuruh menunggu.
setelah menunggu 30 menit lebih akhirnya aku dipanggil dan nota pajak atas namaku sudah jadi. Alhamdulilah tidak sampai 5 juta karena kebetulan aku sekarang jadi pemilik pertama. Namun selaian membayar yang tertulis di Nota Pajak aku harus membayar tambahan Rp 500.000,00. Tanpa bertanya untuk apa aku bayar saja, namun petugas bilang bahwa STNK Kosong dan aku diberi STNK sementara. Selanjutnya aku diberi secarik kertas untuk mengambil plat di berkas Polres lama. Aku langsung meluncur kesana dan sesampainya disana kuserahkan secarik kertas tadi, namun lagi-lagi plat nomor kosong dan aku hanya diberi tulisan pengganti plat.
Akhirnya selesailah urusanku memutasi kendaraanku. waktu yang diperlukan tidak sampai 1 bulan. biaya wajar hanya saja biaya kesana kemari yang banyak. Semoga pengalamanku ini bisa membantu teman-teman yang hendak memutasi kendaraanya.


Tidak ada komentar: